Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Untuk kamu yang belum tahu cara mengirim barang lewat JNE, semoga artikel yang akan kami tulis ini bisa membantu.

JNE sebagai salah satu perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia memang menjadi banyak pilihan orang ketika ingin mengirimkan paket.

Alasannya karena sudah memiliki reputasi yang baik dan harga ongkos kirimnya yang cukup terjangkau.

Mengirim paket melalui JNE sendiri sebenarnya tidak susah, asalkan paket yang akan dikirimkan tidak dilarang oleh JNE.

Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Berikut ini adalah tata cara mengirim barang melalui JNE mulai dari packing, cek ongkir dan menyerahkan ke gerai atau agen JNE.

1. Packing

Hal pertama yang harus dilakukan tentu mempacking barang yang akan dikirim. Proses ini tidak boleh sembarangan dilakukan apalagi jika paket tersebut termasuk barang yang mudah rusak.

Barang pecah belah seperti keramik, vas bunga, mainan yang mudah pecah tentu membutuhkan proteksi khusus agar selama perjalanan menuju alamat tujuan, paket tersebut dalam keadaan utuh tanpa kerusakan.

Kemudian untuk barang-barang lainnya, saya sarankan menggunakan plastik sebagai pembungkusnya.

Hal ini untuk mengantisipasi dan menghindari kerusakan akibat dari air hujan selama di perjalanan.

2. Tulis alamat dengan lengkap

Banyak yang mengeluhkan paket yang dikirimkan melalui JNE tidak sampai-sampai. Hal ini bisa saja disebabkan karena alamat yang ditulis kurang jelas atau lengkap.

Jadi sebelum mengirimkan paket, tulis alamat pengirim dan penerima dengan lengkap dan jelas. Bila perlu alamat ditulis menggunakan komputer dan di print agar mudah dibaca oleh kurir.

Konfirmasi kembali kepada penerima apakah alamat yang diberikan sudah lengkap. Mulai dari nama jalan, nomor jalan dan rumah, gang dan lainnya.

Bila perlu tanyakan juga patokan alamat rumahnya. Ini akan sangat meringankan kerja kurir sehingga paket lebih cepat sampai.

3. Cek ongkos kirim

Packing sudah, menulis alamat sudah lengkap. Maka langkah selanjutnya adalah mengecek ongkos kirim.

Kamu tidak perlu datang ke kantor JNE untuk mengetahui biaya kirim. Karena bisa dilakukan secara online melalui situs resmi JNE, yaitu https://www.jne.co.id/id/beranda.

Silakan cek pada menu tarif kiriman. Isi bagian origin dengan alamat pengirim dan destinastion dengan alamat penerima.

Isi juga berat paketnya. Berat paket akan dibulatkan menjadi 1kg meskipun jika ditimbang kurang dari itu.

Setelah mengisi semua kolomnya, langsung saja klik check. Maka akan tampil detail harga ongkos kirim masing-masing layanannya.

4. Datang ke kantor/agen JNE terdekat

Jika ketiga tahap di atas sudah dilakukan dan yakin ingin mengirimkan barang lewat JNE, langsung saja datangi kantor atau agen JNE terdekat dari rumahmu.

Saat ini agen JNE sudah ada di mana-mana. Bahkan untuk daerah terpencil sekalipun sudah tersedia agen yang siap menerima paket untuk dikirimkan.

Untuk memudahkan pencarian, gunakan saja Google Maps. Ketika pada aplikasi tersebut dengan frasa ‘jne terdekat’.

Nanti aplikasi akan menampilkan daftar agen JNE paling dekat dengan lokasimu. Tapi sebelumnya pastikan dulu fitur lokasi sudah diaktifkan pada ponsel kamu.

Jika sudah menemukan, silakan datang sambil membawa paket yang akan dikirimkan.

Ketika sudah sampai, sampaikan kepada petugas JNE kalau kamu ingin mengirimkan paket dengan langsung menyerahkan paketnya.

Setelahnya petugas akan menginput data dan menghitung ongkos kirim berdasarkan alamat pengirim dan penerima serta berat paketnya.

Berikutnya petugas akan menginformasikan berapa tarif yang harus dibayar. Jika kamu setuju, silakan lakukan pembayaran.

Setelah membayar, kamu akan diberi bukti serah terima barang berupa kertas yang berisi informasi seperti:

  • Nama pengirim.
  • Nama penerima.
  • Jenis layanan (Reg/eco/yes).
  • Nomor resi pengiriman.

Sampai tahap ini, proses mengirimkan barang lewat JNE sudah selesai dan kamu bisa pulang.

5. Lacak paket kamu

Setelah kamu menerima kertas serah terima, jangan buang kertas tersebut karena berisi informasi yang penting, yaitu nomor resi.

Singkatnya nomor resi bisa kamu gunakan untuk melacak paket yang dikirimkan. Apakah sudah di bawa kurir, sudah sampai ke kabupaten si penerima hingga paket tersebut diterima bisa diketahui melalui nomor resi tersebut.

Lalu bagaimana cara menggunakan nomor resi tersebut? Saat ini banyak sekali layanan untuk melacak nomor resi. Salah satunya adalah situs Resimu.net

Situs tersebut memberikan layanan cek resi JNE dan jasa ekspedisi lainnya. hasil yang ditampilkan juga sangat akurat, sehingga kamu bisa mengetahui keberadaan paket secara realtime.

Penutup

Setelah membaca cara mengirim barang lewat JNE di atas, sekarang kamu tidak perlu ragu dan bingung lagi jika ingin menggunakan ekspedisi tersebut.

Leave a Comment