Doa Agar Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan

Doa Agar Diberi Kemudahan – Ketika kita mengerjakan segala sesuatunya tentu ada masalah yang selalu menghampiri kita. Memang tidak semua yang kita rencanakan itu selalu berjalan dengan lancar. Akan tetapi, kita harus terus memohon kepada Allah SWT atas segala sesuatu, apapun itu.

Agar Allah Sswt. Memberikan kita jalan keluar didalam menghadapi setiap masalah yang ada.

Disini kita harus senantiasa untuk selalu berdoa agar diberi kemudahan serta kelancaran dalam setiap urusan. Saat kita mempunyai hajat, berdoalah agar hajat kita tercapai. Selanjutnya juga saat keuangan kita sedang mengalami masalah, berdoalah agar diberi kelancaran dalam menghadapi masalah ini.

Bahkan ketika kita sedang sakit, selain berobat kita tentu harus meminta kepada-Nya supaya diberi kelancaran dalam melakukan pengobatan agar cepat diberi kesembuhan.

Begitu pun saat kita mencari rezeki, belajar, bekerja, melamar, dan juga semua yang kita kerjakan, selalu sertakanlah Allah Swt. di dalamnya. Agart kita diberi kemudahan oleh Allah di dunia maupun di akhirat kelak.

Berikut ini merupakan beberapa doa yang dapat kita amalkan supaya senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam segala urusan kita.

Doa Pertama – Doa Agar Diberi Kemudahan

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Latin:

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul haznaa idza syi’ta sahlaa”

Artinya:

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”.

Doa Kedua – Doa Dimudahkan Urusan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Latin:

“Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii“

Artinya:

“Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”.

Doa Ketiga – Doa Meminta Pertolongan

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ

Latin:

“yaa hayyu ya qoyyum birohmatika astagiist“

Artinya:

“Wahai Yang Maha Hidup Kekal, Yang terus menerus mengurus (mahluk-Nya), hanya dengan rahmat-Mu saja, saya meminta pertolongan”.

Doa Keempat – Doa Memohon Pertolongan

ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِي

Latin:

“Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa auakhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘alal ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanaabih, wa’fuannaa waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘alal qaumilkaafiriin”.

Artinya:

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

Doa Kelima – Doa Memohon Rahmat dan Petunjuk

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Latin:

“Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa”.

Artinya:

“Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”.

Doa Keenam – Doa Memohon Ampun

رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Latin:

“Robbanaa atmim lanaa nuuronaa waghfirlanaa innaka ‘alaa kulli sayaiin qadiir“.

Artinya:

“Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Doa Ketujuh – Doa Memohon Kebaikan

أَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ لِىْ دِيْنِىَ الَّذِىْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ دُنْيَاىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَاشِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ آخِرَتِىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَادِىْ وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَهً لِّىْ فِىْ كُلِّ خَيْرٍ وَّ اجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِّىْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Latin:

“Allahumma ashlih lii diini al ladzii huwa ‘ishmatu amrii, wa ashlih lii dunyaa al latii fii haa ma’aa syii. Wa ash lih lii aakhiroti al latii fii haa ma’aa dii, waj’alil hayaata dziyaadatal lii fii kulli khair, waj’alil mauta raa hatal lii min kulli syar“.

Artinya:

“Ya Allah mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku.

Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku dari segala keburukan”.

Faidah Doa Diatas

Doa-doa diatas tadi banyak kalimat yang didalamnya mengandung meminta pertolongan dan juga kemudahan. Agar supaya kita lebih memahami apa isi dari doa diatas, maka saya sarankan untuk membaca beberapa faidah yang terkandung didalamnya:

  • Sudah menjadi keharusan untuk hati kita ini selalu bergantung kepada Allah SWT, karena bila kita ini  bergantung pada diri sendiri maupun orang lain maka tetap saja rendah dimata Allah SWT. Bila hati kita ini yakin terhadap doa kita yang dapat memudahkan permasalah, maka Insya Allah doa kita tersebut tak akan sia-sia.
  • Ingatlah meskipun kita mempunyai kehendak sendiri, jangan sekalupun lupa dgn kehendak Allah. Karena tanpa adanya kehendak dari Allah SWT. Usaha kita tak akan pernah terealisasi dengan baik.
  • Poin selanjutnya menkankan pentingnya mengimani takdir yang Allah SWT berikan, supaya ketika hati dan jiwa raga ini ditimpa oleh musibah, maka kita bisa membuat hal tersebut sebagai ujian yang mana kita sanggup untuk melewatinya.
  • Poin terakhir pentingnya mendekatkan diri kepada Allah SWT supaya seluruh masalah yang sedang atau akankita hadapi dapat memberikan manfaat (mengambil hikmah) untuk kedepannya yang lebih baik. Karena banyak sekali cara dalam mendakatkan diri kita kepada Allah SWT. Salah satunya yakni dengan cara sholat dan berdoa.
  Keutamaan Surat Al Kahfi Ayat 1-10

Yup, mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga pembahasan kali ini mengneai doa agar diberi kemudahan ini dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Baik itu saat kita di berikan cobaan maupun tidak dalam diberi cobaan, intinya yang ingin saya saykni untuk selalu mengingat Allah SWT. Oh iya, jangan lupa untuk membaca artikel yang saya tulis sebelumnya mengenai doa terhindar dari fitnah dajjal. Terima kasih

Leave a Comment