Doa Keluar Kamar Mandi

Doa Keluar Kamar Mandi – Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kamar mandi maupun WC adalah salah satu tempat setan dan jin ada di dalamnya. Maka, apabila Anda ingin masuk ke kamar mandi sangat disarankan untuk membaca doa terlebih dahulu.

Bahkan adab selama berada di kamar mandi serta keluar kamar mandi untuk berdoa pun sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Apalagi di dalam Islam memang memiliki beberapa aturan yang membuat semua umat Muslim harus paham dan patuh terhadap sikap dan adab di mana pun sesuai dengan anjuran Islam.

Baik masuk maupun keluar kamar mandi memang disarankan untuk membaca doa agar nantinya selama kita melakukan kegiatan di dalam kamar mandi, kita tidak akan diganggu oleh setan maupun jin.

Pentingnya Mengetahui Adab di Kamar Mandi

ada di kamar mandi
agoda.net

Islam merupakan salah satu agama yang sangat mulia. Bahkan di dalam agama Islam juga mengatur berbagai macam aspek kehidupan manusia baik dari hal yang sederhana hingga hal yang besar sekalipun. Beberapa aspek kehidupan manusia yang besar bahkan untuk memimpin sebuah daerah bahkan negara. Maka dari itu, usahakan untuk tidak memisahkan Islam dari setiap kehidupan dan juga aktivitas yang akan kita jalani.

Apalagi jika Anda akan melakukan hal kecil yaitu ke kamar mandi di mana ada doa masuk dan doa keluar kamar mandi yang harus kalian ketahui untuk terhindar dari godaan jin dan setan. Kamar mandi adalah tempat yang kotor sehingga Anda juga harus mengetahui perbuatan atau adab yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama di dalam kamar mandi.Inilah Adab

Berada di Kamar Mandi

Ketika memasuki kamar mandi, berada di dalam kamar mandi hingga keluar kamar mandi, semua ada adab yang harus kalian ketahui dan tentunya kalian patuhi. Apalagi jika semua aturan tersebut sudah ditulis di dalam Islam. Nah, beberapa adabnya adalah:

  • Usahakan untuk selalu membaca doa ketika memasuki kamar mandi. Berikut ini doa masuk kamar mandi yang telah Rasulullah SAW ajarkan kepada kita semua.

اَللهُمَّاِنّىْاَعُوْذُبِكَمِنَالْخُبُثِوَالْخَبَآئِثِ

Alloohummainniia’uudzubikaminalkhubutsiwalkhobaaitsi

Artinya: “Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan”. (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Ketika akan memasuki kamar mandi, usahakan untuk mendahulukan kaki kiri.
  • Anda juga dianjurkan untuk menggunakan alas kaki ketika akan memasuki kamar mandi.
  • Anda juga diberikan anjuran untuk menggunakan tutup kepala ketika akan mandi di kamar mandi agar setan tidak akan mengotori dengan najis.
  • Usahakan untuk tidak berbicara ketika sedang ada di kamar mandi. Dari Jabir bin Abdillah RA, Rasulullah SAW bersabda “Apabila ada dua orang diantara kamu buang air, hendaklah saling membelakangi dan jangalah engkau berbicara. Karena Allah murka akan hal itu”
  • Ketika Anda berada di dalam kamar mandi, disunahkan untuk berdeham sebanyak 3 kali setelah Anda buang air kecil. Hal ini dilakukan agar semua kotoran akan keluar.
  • Ketika Anda sedang buang air kecil maupun besar, usahakan tidak boleh menghadap atau bahkan membelakangi kiblat.
  • Bahkan ketika Anda sedang berada di dalam kamar mandi, usahakan untuk tidak menjawab salam. Anda bisa memberikan isyarat bahwa Anda sedang di kamar mandi asalkan tidak menjawab salam.
  • Anda juga dilarang untuk membaca maupun membawa lafadz Allah Ta’ala dan juga Nabi Muhammad.
  • Di dalam kamar mandi, sangat dilarang untuk mandi berdua kecuali suami istri.
  • Selama berada di dalam kamar mandi, usahakan untuk berhati-hati dengan cipratan najis. Rasulullah SAW pernah bersabda “Bahwa kebanyakan siksa kubur disebabkan karena banyak umat Muslim yang tidak berhati-hati ketika beristinja”
  Arti Barakallah Fii Umrik dan Jawabannya

Adab Keluar Kamar Mandi Beserta Doanya

Jadi, itulah sebagian informasi tentang adab yang harus dilakukan di dalam kamar mandi. Mungkin selain beberapa hal di atas, masih ada hal lain yang bahkan tidak boleh Anda lakukan ketika berada di dalam kamar mandi yang pastinya masih dianjurkan di dalam Al-Qur’an dan hadist.

Ketika Anda akan keluar dari kamar mandi, maka usahakan untuk mendahulukan kaki kanan untuk keluar kamar mandi. Hal ini dilakukan karena Anda akan berpindah dari tempat sebelumnya yang dianggap banyak najis ke tempat yang lebih baik dan segala sesuatu yang baik harus dilakukan dari bagian kanan.

Setelah mengeluarkan kaki kanan terlebih dahulu ketika akan keluar kamar mandi, Anda juga disarankan untuk membaca doa keluar kamar mandi. HadistShahih di dalam kitab Abu Dawud dan Imam At-Tirmidzi bahwa Rasulullah SAW ketika keluar kamar mandi mengucapkan

غُفْرَانَكَالْحَمْدُِللهِالَّذِىْاَذْهَبَعَنّىاْلاَذَىوَعَافَانِىْ

Ghufroonakal hamdu lillaahilladziiadzhaba ‘anniladzaawa ‘aafaanii

Artinya adalah “Dengan mengharap ampunan-MU, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan juga yang telah menyejahterakan”

Selanjutnya, jangan lewatkan pembahasan kita mengenai Doa Setelah Wudhu.

Leave a Comment