Doa Keluar Rumah dan Keutamaanya

Doa Keluar Rumah – Membaca doa keluar rumah dilakukan ketika seorang muslim hendak keluar dari rumah, baik dengan naik kendaran atau tidak. Islam mengajarkan beberapa adab saat keluar rumah seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Adab Keluar Rumah Bagi Seorang Muslim

Ada beberapa adab keluar rumah yang bisa diamalkan oleh seorang muslim dalam keseharian, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Melaksanakan shalat sunah dua rakaat

Anjuran untuk shalat dua rakaat saat hendak keluar rumah adalah dari hadis riwayat Al-Bazzar yang berbunyi:

“Jika engkau keluar dari rumahmu, maka shalatlah dua rakaat, niscaya dua rakaat tersebut akan melindungimu dari keburukan-keburukan di luar. Jika kamu masuk rumahmu, maka shalatlah dua rakaat, niscaya dua rakaat tersebut akan melindungimu dari keburukan-keburukan di dalam.”

2. Membaca doa keluar rumah

Doa ketika hendak keluar rumah yaitu:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Doa akan keluar rumah dalam bahasa latin:

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”
Terjemahan atau arti doa akan keluar rumah: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Keutamaan dari doa keluar rumah tersebut dijelaskan dalam hadis riwayat Abu Daud 5095 Tirmidzi 3426 yang dishahihkan al-Albani

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan keutamaan doa ini,

keutamaan doa

Terdapat unsur penting dalam doa keluar rumah ini. Pertama adalah kalimat basmallah yang merupakan doa utama bagi seorang muslim untuk memulai segala hal. Maksudnya adalah dengan menyebut nama Allah, aku keluar bersama dengan penjagaan, pertolongan, dan petunjuk yang lurus dari Allah ta’ala.

Kalimat selanjutnya adalah tawakkaltu ‘alallah yang bisa diartikan bahwa seorang muslim berserah diri hanya kepada-Nya. Kalimat lain yakni laa haula wala quwwata illa bilah berarti pengakuan dari seorang muslim bahwa tidak ada kekuatan melainkan hanya milik Allah.

Seorang muslim yang akan keluar rumah dan kemudian membaca doa keluar rumah, maka dirinya sudah berserah diri pada Allah saat berada diluar nanti dan berlindung kepada Allah dari segala masalah dan marabahaya.

  Doa Agar Selamat Dunia dan Akhirat Lengkap

Keutamaan doa ini juga dijelaskan dalam hadis lain yakni dari Ath-Thibi

فإذ استعاذ العبد بالله باسمه المبارك فإنه يهديه ويرشده ويعينه في الأمور الدينية وإذا توكل على الله وفوض أمره إليه كفاه فيكون حسبه {ومن يتوكل على الله فهو حسبه} ومن قال لا حول ولا قوة إلا بالله كفاه الله شر الشيطان

Artinya:

“Apabila seorang hamba memohon perlindungan kepada Allah melalui nama-Nya yang penuh berkah, maka Allah akan memberinya petunjuk, membimbingnya, dan menolongnya untuk dimudahkan dalam urusan agama.

Apabila seorang bertawakal kepada Allah dan menyerahkan urusannya kepada Allah, maka Allah akan mencukupinya. Dan karunia Allah yang mencukupinya, sebagaimana di ayat (yang artinya),

’Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka Dia akan mencukupinya.’ Sementara orang yang membaca laa quwwata illaa billaah,Allah akan lindungi dia dari kejahatan setan.” (Faidhul Qadir, Al-Munawi, 5:123)

3. Berdoa sambil mengangkat pandangan ke langit

Rasulullah juga tidak pernah keluar rumah kecuali beliau berdoa dan mengangkat pandangan ke langit. Doanya adalah sebagai berikut.

doa keluar rumah

Doa keluar rumah ini dibaca oleh Nabi SAW saat beliau hendak keluar rumah seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut.

Dari Ummu Salamah radhiyallahu’anha, beliau menceritakan,

مَا خَرَجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ بَيْتِي قَطُّ إِلَّا رَفَعَ طَرْفَهُ إِلَى السَّمَاءِ فَقَالَ: «اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ…

Artinya:

“Tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar dari rumahku, kecuali beliau mengangkat pandangannya ke atas langit, kemudian berdoa: Allahumma a-‘udzu bika an adhilla… (HR. Abu Dawud 5094, Nasai 5486, Ibnu Majah 3884, dan dishahihkan al-Albani)

Tidak masalah apabila seorang muslim yang akan keluar rumah dan ingin mengamalkan dua doa keluar rumah di atas.

Seperti itu sedikit pembahasan kita mengenai doa keluar rumah, jangan lupa apabila ingin masuk masjid maka baca doa masuk masjid terlebih dulu, begitu pula apabila hendak masuk kamar mandi, maka kita hendak membaca doa masuk kamar mandi. Senantiasa kita harus baca doa sebelum melakukan sesuatu.

Leave a Comment