Doa Qunut Nazilah yang Dibaca untuk Memohon Perlindungan

Doa Qunut Nazilah – Kehidupan manusia di dunia ini tentu tidak lepas dari adanya berbagai masalah dan cobaan. Umat yang baik akan menghadapi cobaan ini dengan bijak dengan tetap sabar dan terus berikhtiar.

Selain berusaha dengan tindakan yang nyata, umat yang baik juga harus selalu berdoa dan memohon kepada Allah agar diberikan perlindungan dan kemudahan dalam menyelesaikan masalah dan cobaan yang menimpa.

Memohon perlindungan kepada Allah pada dasarnya bisa dilakukan kapan saja seperti ketika berdoa selepas sholat wajib. Tapi ada doa khusus yang memang dibaca untuk berserah diri kepada Allah dan memohon petunjuk dariNya untuk menyelesaikan sesuatu.

Doa ini disebut dengan doa qunut nazilah. Doa ini dibacakan dengan harapan dan tujuan untuk dapat mendapatkan penyelesaian yang baik menurut Allah SWT.

Hal Penting yang Ada Di Balik Anjuran Membaca Doa Qunut Nazilah

Mungkin banyak diantara Anda yang belum mengenal bacaan qunut nazilah ini. Berikut beberapa poin penting tentang doa ini yang dapt disimpulkan dari beberapa hadits:

– Doa ini dibacakan ketika terjadi suatu musibah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa doa ini dibaca untuk meminta perlindungan dari Allah SWT. Doa ini diyariatkan untuk dibacakan ketika menghadapi suatu musibah dan membutuhkan pertolongan dari Allah SWT untuk menghadapinya.

– Beberapa sumber menyatakan doa ini paling sering dibacakan oleh Rasulullah di waktu Subuh

Jika ingin meneladani Rasulullah dengan mencontoh tindakannya Anda bisa membaca doa ini paling banyak di waktu Subuh.

– Doa ini dibacakan di rakaat terakhir sholat

Doa ini diucapkan pada rakaat terakhir dari sholat fardhu, tepatnya setelah bangun dari gerakan ruku’.

– Doa ini dapat dibaca ketika sholat fardhu 5 kali sehari

Semakin banyak meminta pada Allah maka semakin Allah SWT akan mengabulkan permohonan hambaNya. Doa ini bisa dibacakan setiap melakukan sholat fardhu tanpa terkecuali.

  Doa Niat Sholat Dhuha

– Doa ini tidak perlu diucapkan lagi ketika musibah telah lewat dan selesai

Doa qunut nazilah memang dianjurkan diucapkan dalam menghadapi musibah besar. Setelah musibah ini lewat dan selesai maka doa ini pun tidak perlu lagi diucapkan atau dibacakan.

– Imam sholat sebaiknya mengeraskan bacaan doa ini

Ketika sholat dilakukan secara berjamaah maka imam yang memimpin sholat sebaiknya membacakan doa ini dengan keras agar dapat diikuti dan diamini oleh semua jamaah yang ada.

Bacaan Doa Qunut Nazilah Beserta Artinya

Doa qunut nazilah ini bisa bermacam-macam lafalnya sesuai dengan masalah atau musibah apa yang sedang terjadi dan ingin untuk diselesaikan. Berikut ini adalah contoh dari ucapan doa ini yang dituliskan dalam lafal latin:

Alloohummagh firlanaa wa lilmu’miniina wal mu’minaat wal muslimiina wal muslimaat. Wa allif baina quluubihim, wa ashlih dzaata bainihim wan shurhum ‘alaa ‘aduwwika wa ‘aduwwihim.

Alloohummal ‘an kafarota ahlil kitaab alladzii yashudduuna ‘an sabiilik, wa yukadzzibuuna rusulak, wa yuqootiluuna auliyaa-ak. Alloohumma khoolif baina kalimatihim, wazalzil aqdaamahum, wa anzil bihin ba’sakal ladzii laa taruddahu ‘anil qoumil mujrimiin. Bismillaahirrahmaanirrahiim, Alloohumma inaa nasta’iinuk.

Adapun arti dari doa di atas adalah:

Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami, dan dosa orang mukmin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Damaikanlah di antara mereka. Tolonglah mereka untuk mengalahkan musuhmu dan musuh mereka.

Ya Allah timpakanlah laknat kepada orang kafir ahli kitab yang telah mendustakan para utusan-Mu dan memerangi para wali-Mu. Ya Allah, gagapkanlah ucapan mereka, pecahbelahlah kekuatan mereka.

Dan timpakan siksa-Mu yang tidak mungkin mampu dicegah mereka. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah sesungguhnya kami memohon pertolongan kepada-Mu.

Manfaat Membaca Doa Qunut Nazilah

Membaca doa ini bisa mendatangkan banyak sekali manfaat selain untuk membantu manusia menghadapi musibah yang sedang melanda. Berikut beberapa diantaranya:

  • Allah akan hindarkan dari kesulitan
  • Selalu mendapatkan perlindungan dari Allah atas bahaya yang mungkin menghampiri
  • Senantiasa dihindarkan dari segala keburukan
  • Mendapatkan limpahan berkah di dalam hidup

Membaca doa qunut nazilah ini memang mendatangkan banyak sekali kebaikan baik untuk diri sendiri maupun untuk umat muslim secara luas. Melalui doa ini juga umat muslim dapat saling mendoakan satu sama lain apabila ada sebagian umat yang sedang dicoba oleh Allah melalui musibah tertentu.

Baca juga tentang doa qunut subuh yang sering kita pakai.

Leave a Comment