Doa Qunut: Pengertian, Dasar Hukum dan Macam-macamnya

DOA QUNUT – Gerakan shalat memang tidak ada dalam Al-Qur’an, akan tetapi do’a yang terdapat pada setiap rakaatnya sudah ditentukan. Ada sedikit yang berbeda dalam pelaksanaan shalat subuh dengan shalat wajib lainnya, dimana dalam rakaat yang ke-dua setelah ruku’ terdapat anjuran untuk melakukan dan melafalkan do’a qunut atau yang sering disebut Qunut Subuh.

Arti Qunut

Qunut secara bahasa berasal dari bahasa arab yang memiliki beberapa arti diantaranya tunduk, taat maupun diam. Sedangkan dalam arti sederhana qunut adalah tunduk dan taat pada ketentuan Allah ta’ala.

Menurut sebagian ulama fiqh, dasar hukum pembacaan do’a qunut adalah Sunnah Muakad artinya adalah lebih baik melakukan karena seuatu itu memang dikuatkan atau sunnah yang dikuatkan.

Dasar Hukum Melaksanakan Doa Qunut

Do’a qunut menurut bebrapa pandangan imam madzhab memang dihukumi sunnah muakad karena termasuk dalam sunnah ab’adl. Berikut ini pandangan empat madzhab terkait do’a qunut, diantaranya:

1. Menurut Madzhab Syafi’i

Menurut madzhab syafi’i, bahwa hukum membaca qunut adalah sunnah muakad bagi qunut subuh. Untuk qunut witir menurutnya tidak ada kecuali disetengah tanggal terakhir bulan ramadhan.

Qunut juga tidak hanya berlaku ketika waktu shalat subuh atau ketika witir, akan tetapi juga ketika terkena musibah besar (Qunut Nazilah).

2. Menurut Madzhab Maliki

Menurut madzhab ini, qunut hanya berlaku atau dibacakan ketika rakaat ke-dua shalat subuh, untuk qunut witir atau qunut nazilah baginya tidak ada.

3. Menurut Madzhab Hanafi

Berbeda dengan madzhab Maliki, menurutnya qunut hanya ada ketika shalat witir atau ketika ada muslimin yang terkena musibah besar.

Dan untuk shalat subuh ketika berjamaah, maka boleh untuk dibacakan dan hanya imam yang membacakan, sedangkan makmum cukup mengamini saja. Untuk shalat subuh sendirian, maka tidak di sunnahkan membaca qunut.

4. Menurut Madzhab Hambali

Mereka ini lebih mensyariatkan qunut dalam witir, sedangakan dalam shalat lain tidak ada qunut.
Macam-Macam Do’a Qunut

Di bagian atas telah menjelaskan mengenai apa itu do’a qunut dan beserta dengan pendapat hukum para ahli. Pada bagian ini akan menjelaskan mengenai macam-macam do’a qunut yang mungkin Anda sudah dengar dan melakukannya.

a. Qunut Subuh

Qunut subuh merupakan do’a qunut yang dibacakan ketika melaksanakan shalat subuh. Qunut ini dibacakan pada rakaat kedua pada waktu i’tidal atau setelah ruku’.

  Keutamaan Surat Al Kahfi Ayat 1-10

Bacaan qunut pada waktu ini dihukumi sebagai Sunnah Ab’adl. Apa itu Sunnah Ab’adl? Sunnah Ab’adl adalah sunnah yang mendekati rukun, sedangkan rukun apabila ditinggalkan tidak sah.

Oleh karenanya, jika Anda lupa tidak membaca do’a qunut maka perlu menggantinya dengan cara melaksanakan sujud syahwi. Adapun bacaan sujud syahwi sebagai berikut:

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Artinya:

“Maha Suci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa”

Berikut do’a qunut dalam shalat subuh.

bacaan doa qunut

Artinya:

arti doa qunut

b. Qunut Witir

Qunut witir merupakan doa qunut yang dibacakan di pertengahan bulan Ramadhan ketika melaksanakan shalat witir di rakaat yang terakhir.

Menurut madzhab syafi’iyah membaca qunut diwaktu itu dihukumi sunnah. Do’a qunut yang dibacakan ketika qunut witir sama seperti qunut subuh, yang membedakan hanya waktu dan tempatnya.

c. Qunut Nazilah

Qunut nazilah adalah qunut yang dibacakan ketika mendapati sebuah musibah yang besar. Qunut ini dibaca pada rakaat terakhir sebelum suju di semua shalat fardhu, hal ini sesuai dengan apa yang dipraktekan oleh Rasullallah saw.

Qunut ini dibaca agar Allah SWT tetap melindunginya ketika musibah dan cobaan menerpa. Berikut bacaannya:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا ، وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ. وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ ، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ ، وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ
اللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلِ الْكِتَابِ الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِكَ ، وَيُكُذِّبُونَ رُسُلَكَ ، وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَاءَكَ. اللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمَتِهِمَ ، وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ ، وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِى لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ. بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِينُكَ

Artinya:

“Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami, dan dosa orang mukmin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Damaikanlah diantara mereka. Tolonglah mereka untuk mengalahkan musuh-Mu dan musuh mereka.

Ya Allah timpakanlah laknat kepada orang kafir ahli kitab yang telah mendustakan para utusan-Mu dan memerangi para wali-Mu. Ya Allah, gagapkanlah ucapan mereka, pecahbelahlah kekuatan mereka.

Dan timpakan siksa-Mu yang tidak mungkin mampu dicegah mereka. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah sesungguhnya kami memohon pertolongan kepada-Mu”.

Manfaat Membaca Do’a Qunut

Manfaat yang paling utama yang dapat Anda peroleh adalah sebagai hamba Allah yang menjalankan kesunahannya maka Insyaallah akan memperoleh pahala yang berlipat. Manfaat lain antara lain:

  • Memperoleh petunjuk dan terhindar dari malapetaka
  • Mendapat perlindungan Allah dan terjaga keselamatannya
  • Terhindar dari segala bentuk kejelekan dan akan memperoleh keberkahan dari rahmat Allah karena menjalankan sunnah yang dikuatkan.
  • Mendapat pembelaan dan ampunan dari Allah sebagaimana yang terdapat pada qunut nazilah

Leave a Comment