Niat Sholat Jumat Beserta Keutamaannya

Niat Sholat Jumat – Sholat jumat adalah sholat dua rokaat yang dilakukan pada hari jumat, tepatnya ketika memasuki waktu untuk sholat dhuhur dan dikerjakan setelah dua kali khutbah. Sholat jumat ini wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim laki-laki.

Wajibnya seorang muslim laki-laki melaksanakan sholat jumat tertera pada Q.S Al Jumu’ah ayat 9 dan juga H.R Muslim. Akan tetapi, sholat jumat tidak wajib dilakukan bagi empat golongan, yakni anak kecil, perempuan, hamba sahaya, dan juga orang yang sedang sakit.

Niat Sholat Jumat

Apabila sudah melaksanakan sholat jumat, maka ia tidak perlu melakukan sholat dhuhur lagi. Sholat ini dilakukan secara berjamaah di surau atau masjid. Adapun niat sholat jumat berbeda dengan niat sholat fardhu atau sholat sunnah lainnya. Berikut ini adalah niat sholat jumat yang harus dilafalkan.

“Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala.”

Dan artinya;

“Aku niat melakukan sholat jumat dua rokaat, sambil menghadap kiblat, saat ini, menjadi makmum karena Allah ta’ala.”

Tata cara sholat jumat sedikit berbeda dengan sholat berjamaah lainnya. Berikut ini adalah tata cara sholat jumat.

  1. Khatib naik ke mimbar setelah waktu sholat dhuhur tiba dan memberi salam kemudian duduk kembali.
  2. Selanjutnya muadzin akan mengumandangkan adzan.
  3. Kutbah pertama dilaksanakan oleh khatib. Kutbah tersebut diawali dengan hamdalah serta pujian pada Allah SWT kemudian dilanjutkan dengan membaca sholawat Nabi Muhammad SAW. Isi kutbah pertama ini lebh kepada nasehat agar mereka senantiasa melaksanakan perintah Allah SWT dan para rasul serta menjauhi larangannya. Setelah itu khatib akan duduk kembali.
  4. Kutbah kedua secara umum sama seperti pada kutbah pertama dan apabila sudah selesai, khatib akan turun dari mimbar.
  5. Muadzin akan melakukan iqomah sebagai tanda sholat jumat akan segera dilaksanakan.
  6. Imam memimpin jalannya sholat jumat dua rokaat.

Hari Jumat merupakan hari yang paling spesial dibanding hari lainnya bagi agama Islam. Pernyataan ini banyak disebutkan dalam berbagai hadits, seperti HR An-Nasai, HR At-Tirmidzi, HR Abu Daud, dan masih banyak hadits shahih lainnya.

  Niat Sholat Tahajud

Keutamaan Sholat Jumat

niat sholat jumat
ruangtanya.com

Adapun keutamaan sholat jumat adalah apabila seseorang pergi untuk segera melaksanakan ketenangan dan khusyuk dengan berjalan kaki, maka Allah SWT akan menghitung setiap langkah kaki tersebut sebagai pahala.

Oleh karena itu, sangat dilarang untuk berjalan cepat apabila waktu sholat tiba. Larangan tersebut juga disebutkan oleh Al-Hasan Al-Bashri.

Sebelum pergi ke masjid atau surau untuk melaksanakan sholat jumat, setiap muslim laki-laki dianjurkan untuk mandi, memakai wangi-wangian seperti parfum, menggosok gigi, berpakaian rapi. Kemudian apabila ia sedang berdagang, ia menghentikan transaksi jual beli dan segera pergi ke masjid.

Selain itu, dianjurkan pula untuk melakukan beberapa sholat sunnah di dalam masjid sebelum imam datang ada sebelum waktu sholat jumat tiba. Tidak boleh melangkahi pundak orang-orang yang sedang duduk ataupun memisahkan mereka.

Menghentikan segala pembicaraan apabila imam sudah datang. Dianjurkan pula untuk memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW pada malam jumat dan juga ketika siang harinya.

Memanjatkan doa pada hari Jumat juga sangat dianjurkan karena hari jumat merupakan waktu yang sangat mustajab suatu doa dapat dikabulkan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah sholat jumat dengan lebih maksimal, Anda dapat melaksanakan anjuran-anjuran yang disunnahkan tersebut.

Dalam Q.S Al Jumuah ayat sembilan tadi, dijelaskan bahwa Allah SWT berfirman apabila adzan telah berkumandang pada hari jumat, segeralah untuk melaksanakan sholat jumat dan mengingat kepada Allah SWT serta menginggalkan jual beli karena hal tersebut adalah yang baik bagi kamu sekalian.

Melaksanakan sholat jumat bagi para muslim laki-laki adalah suatu hal yang mulia untuk dilakukan. Pelaksanaannya yang hanya satu kali dalam seminggu tentu tidak memberatkan kaum muslimin. Jadi, apabila sudah memasuki waktu sholat jumat, segeralah datang ke masjid atau surau.

Bila perlu pergi sebelum imam datang dan kutbah pertama dimulai. Itulah penjelasan mengenai niat sholat jumat beserta keutamaannya yang dapat Anda ketahui. Dengan mengetahui keutamaan dan anjuran tersebut, Anda dapat lebih mengamalkannya ketika sholat jumat.

Leave a Comment