Niat Sholat Subuh

Niat Sholat Subuh – Sholat bukan hanya merupakan kewajiban bagi seluruh Umat Muslim atau Islam. Bahkan melaksanakan sholat harus dilakukan, karena jika tidak dilakukan maka akan berdosa bahkan bisa masuk neraka.

Bukan hanya berhubungan dengan keagamaan, namun sholat juga bisa membantu dalam melengkapi kebutuhan jasmani dan rohani. Sholat adalah salah satu sarana utama yang menghubungkan antara manusia dengan Allah SWT.

Belajar Memahami Niat Sholat

Menurut beberapa tokoh agama atau yang dikenal dengan Ulama menyebutkan bahwa tidak ada lafadz khusus yang ada di dalam niat sholat.

Menurut beberapa Ulama tersebut, niat adalah sesuatu yang berasal dari hati tanpa mengatakan apa pun sudah memiliki makna sesuai dengan apa yang dikhususkan dan sesuai dengan apa yang akan dilakukan nantinya.

Bahkan tidak ada hadits yang mengatakan apabila akan melaksanakan sholat harus membacakan niat maupun tidak ada hadits yang menyebutkan tentang adanya lafadz niat sholat. Untuk lafadz Ushalii juga disebutkan bahwa tidak ada dalam beberapa hadits.

Bacaan Niat Sholat Subuh

niat sholat subuh
salafy.or.id

Untuk mengetahui tentang lafadz dari niat sholat Subuh beserta dengan artinya ada di bawah ini:

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII FARDHOSH SHUBHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA’AALA.

Artinya:

Aku berniat Sholat fardu Subuh dua raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala

Bacaan Sholat

Untuk beberapa urutan tentang bacaan sholat yang bisa Anda ketahui diantaranya sebagai berikut ini:

• Takbiratul Ihram

Selama melakukan takbiratul ihram ini seluruh jari-jari dirapatkan dan dihadapkan kedepan. Caranya dengan mengangkat kedua tangan dan ujung jarinya bisa Anda sesuaikan dengan oundak maupun telinga.

Namun usahakan untuk tidak terlalu dekat karena And harus memberikan jarak sampai ruas tulang tertarik dan mengucapkan “Allaahu Akbar”.

• Membaca Doa Iftitah

Ada banyak hadits yang menyebutkan tentang doa iftitah. Untuk lebih jelas tentang Doa iftitah, maka yang bisa Anda lakukan dengan membaca Allahu Akbar Kabiiraw atau Allahumma Baid Baini…

  Niat Sholat Jamak dan Ketentuan Pelaksanaannya

• Membaca Surat Al-Fatihah dan Membaca Suratan

Kemudian, setelah membaca doa iftitah, maka Anda bisa membaca surat Al Fatihah. Setelah membaca Al-Fatihah, Anda disarankan untuk membaca doa atau suratan pendek yang ada di dalam Al-Quran.

• Ruku

Setelah Anda selesai membaca surat Al Fatihah dan suratan pendek, maka Anda bisa melakukan ruku. Cara untuk melakukan ruku adalah dengan mengangkat kedua tangan setinggi telinga dan membaca “Allahu Akbar”, kemudian badan membungkuk serta kedua tangan menggenggam lutut, mata memandang ke tempat sujud, punggung dan kepala rata dan membaca doa.

• I’Tidal

Setelah melakukan ruku, maka Anda bisa melakukan I’tidal atau bangun dari ruku dengan berdiri tegak dan mengangkat kedua tangan Anda yang disejajarkan dengan telinga.

• Sujud

Kemudian, Anda juga bisa melakukan gerakan sujud dan membaca Allahu Akbar. Cara untuk melakukan sujud dengan cara meletakkan kedua lutut terlebih dahulu dan kemudian meletakkan dahi, hidung dan kedua telapak tangan di lantai.

• Duduk Diantara Dua Sujud

Setelah melakukan sujud, maka Anda bisa bangun duduk yaitu duduk diantara dua sujud. Ketika Anda bangun dari sujud, maka ucapkanlah Allahu Akbar dan kemudian melakukan duduk diantara dua sujud.

Tata cara melakukan duduk diantara dua sujud adalah duduk dengan sempurna dengan menduduki kaki kiri dan telapak kaki sebelah kanan berdiri bahkan jarinya terletak di lantai dengan menghadap arah kiblat.

Setelah itu Anda sujud kembali dan melakukan rakaat yang kedua. Di dalam rakaat yang kedua dalam sholat subuh, biasanya akan ada bacaan qunut. Namun untuk membaca doa qunut ini sendiri pun memiliki beberapa perbedaan. Sebab ada beberapa orang yang membaca doa qunut dan beberapa orang yang tidak membaca doa qunut.

Jadi, itulah informasi tentang niat sholat Subuh beserta dengan tata cara sholat yang baik dan benar sesuai dengan urutan melaksanakan sholat subuh.

Untuk sholat wajib lainnya, Anda hanya tinggal mengganti niat sesuai dengan sholat yang akan Anda jalankan. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan berapa rakaat dari sholat yang akan Anda lakukan.

Dan jangan ketinggalan juga pembahasan mengenai niat sholat jumat yang dibahas secara singkat.

Leave a Comment