Tulisan Arab dan Arti dari Innalillahiwainnailaihirojiun yang Benar

Tulisan Arab dan Arti dari Innalillahiwainnailaihirojiun – Kita pasti sering mendengar ucapan mengenai innalillahi wa innailaihi rojiun. Pada umumnya kata ataupun kalimat tersebut disampaikan ketika ada berita kematian oleh seseorang di masjid. Yang mengumumkan pertama memberi salam dan dilanjutkan dengan kalimat lafadz tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan informasi tentang identitas dari orang yang meninggal. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk memberikan info kepada kepada masyarakat bahwa ada berita kematian.

Lalu bagaimanakah tulisan arab dan juga arti dari innalillahi wa innailaihi roji’un yang benar? Bagi temen-temen yang belum tahu silahkan simak tulisan berikut ini.

Kalimat dari “innalillahi wa inna ilaihi roji’un” merupakan kalimat istirja ataupun tarji. Arti tarji’ atau istirja yaitu “pernyataan kembali kepada Allah Swt.” Lafadz tersebut diucapkan ketika seorang yg beriman mendapat ujian ataupun musibah. Baik hal tersebut yang menimpa dirinya sendiri, keluarga, ataupun kalayak luas.

Dan hal tersebut tidak terbatas pada musibah besar ataupun kecil. Tentu banyak sekali musibah yang ada di dunia. Misalnya saja bencana alam, terjadinya kecelakaan, sakit, kerugian dalam bisnis, dan lain sebagainya.

Terkait mengenai bagaimana tulisan arab dari lafadz innalillahi wa innailaihi rojiun. Silahkan simak dari gambar kalimat tarji.

tulisan innalillahi

Nah, sumber dari lafazh diatas terdapat dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah Ayat 156. Ada keterkaitannya juga dengan ayat 155 dan juga 157 di dalam Surat Al-Baqarah.

Lanjut pembahasanya. Di dalam ayat 156, disebutkan mengenai beberapa bentuk dari musibah. Akan tetapi diberikan juga kabar gembira terhadap orang-orang yang sabar.

Nah, salah satu tanda ataupun bentuk dari kesabaran dalam menghadapi cobaan ataupun ujian hidup yakni dengan mengucapkan lafazh tarji’. Dan berikut ini adalah keutamaan orang-orang yang mengucap kalimat Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun ialah :

1. Mempunyai rasa ikhlas dan juga tawakal kepada Allah Swt.

Sebagai seorang muslim, kita wajib yakin bahwa segala sesuatu itu adalah milik Allah Swt. Dan kepada Allah Swt. segalanya kembali.

Bisa di ibaratkan ada seorang pemilik barang yg mengambil kembali miliknya yang sudah dipinjamkan kepada pihak lain. Maka dari itu, seorang yang telah dipinjami selayaknya ikhlas jika sesuatu itu diambil pemiliknya.

2. Hilang rasa berat di hati.

Kalimat tarji juga dapat menghilangkan rasa berat di hati. Mampu membuat perasaan nyaman, tentram, dan tenan. Karena segala sesuatu itu dikembalikan kepada Allah Swt.

3. Meninggalkan sikap emosi berlebihan.

Dalam menghadapi sesuatu yang tak mengenakkan tentu terkadang membuat kita emosi. Bahkan bisa saja tidak bisa mengendalikan diri  sendiri. Bisa-bisa mengeluarkan kata-kata yang tidak enak untuk didengar orang lain.

Terkadang juga sikap meratapi secara berlebihan pun muncul. Setiap orang bisa saja seperti itu. Tetapi dengan mengucapkan kalimat “innalillahi wa inna ilaihi roji’un”, maka  insya Allah kita bisa terhindar dari sikap tersebut.

4. Mendapatkan pahala dari Allah Swt.

Kalimat istirja atau tarji termasuk kedalam kalimat kebaikan. Hal tersebut juga termasuk dalam bagian dari dzikir ataupun mengingat Allah Swt. Maka, siapa yang mengucapkan lafazh tarji ia akan diberikan pahala. Hampir seluruh umat islam hafal dengan kalimat tersebut.

Sebab dikarenakan seringnya mendengar, tentu menjadikan orang secara tak sadar akan menghafal dg sendirinya. Wallahu’alam

Demikian pembahasan kita mengenai Tulisan Arab dan Arti dari Innalillahiwainnailaihirojiun. Dan baca juga artikel terbaru mengenai arti Syafakillah dan Syafakallah.

Leave a Comment