Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli – Mungkin jika Anda mendengar kata kinerja,  pikiran Anda akan menangkap gambaran sebuah aktivitas dalam hal kerja di suatu tempat. Memang benar, kinerja dalam sebuah organisasi atau perusahaan selalu menjadi aspek penting dalam menilai kualitas seseorang akan tanggung jawabnya.

Hasil kerja yang memuaskan tentu akan menjadikan seseorang tersebut memiliki nilai lebih di pandangan sebagian orang, tak jarang ada orang yang sangat mudah mendapatkan kesuksesan karir karena kinerjanya yang sangat baik.

Namun tahukah Anda apa arti kinerja yang sebenarnya, berikut adalah penjelasan lengkap tentang pengertian kinerja menurut para ahli yang bisa Anda simak sebagai bahan referensi karya tulis maupun tugas.

Pandangan Tentang Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli
dictio.id

Kinerja berasal dari kata dasar kerja, dalam bahasa Inggris kinerja disebut dengan performance yang kemudian dalam bahasa Indonesia terkenal dengan istilah performa.

Banyak sekali definisi mengenai arti kata kinerja sehingga para ahli pun banyak yang memiliki pengertian kinerja dari sudut pandang masing-masing. Kumpulan pengertian kinerja menurut para ahli bisa Anda simak sebagai berikut.

1. Griffin (1987)

Menurutnya kinerja adalah salah satu kumpulan total dari kerja yang ada pada diri pekerja atau karyawan.

2. Rivai (2004:309)

Veizal Rivai lebih memandang kinerja dari konsepnya, yaitu perilaku nyata yang diperlihatkan tiap orang sebagai prestasi hasil kerja oleh seorang karyawan sesuai dengan tugasnya dalam perusahaan.

3. Robbins (1996)

Kinerja adalah fungsi interaksi antara motivasi, kemampuan dan kesempatan. Robbins menjabarkan arti kinerja dengan sebuah rumus  ƒ(A x M x O), artinya ialah kinerja adalah fungsi dari kemampuan, motivasi, dan kesempatan.

4. Robert L. Mathis dan John H. Jackson diterjemahkan oleh Jimmy Sadeli dan Bayu Perwira (2001:78)

Yang mengatakan jika kinerja pada dasarnya merupakan apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan.

5. Donelly, Gibson dan Ivancevich (1994)

Pengertian kinerja menurut para ahli ini menyatakan bahwa pengertian kinerja merujuk pada tingkat keberhasilan dalam mengerjakan tugas serta kemampuan mencapai tujuan yang telah ditentukan.

6. Moch. As’ad (1989:48)

Beliau mengatakan bahwa kinerja merupakan kesuksesan seseorang yang berperan sebagai karyawan atau pegawai dalam melaksanakan suatu pekerjaan.

7. Anwar Prabu Mangkunegara (2006:67)

Kinerja merupakan hasil kerja secara kuantitas dan kualitas yang dicapai seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang telah diberikan kepadanya.

8. Ambar Teguh Sulistiyani (2003:223)

Kinerja seseorang merupakan kombinasi dari kemampuan, usaha, dan kesempatan yang dapat dinilai dari hasil kerjanya.

9. Barry Cushway (2002:1998)

Kinerja adalah menilai bagaimana seseorang telah bekerja dibandingkan dengan target yang telah ditentukan.

10. John Withmore (1997:104)

Kinerja yaitu pelaksanaan fungsi-fungsi yang dituntut dari seseorang, kinerja sendiri merupakan suatu perbuatan, suatu prestasi, suatu pameran umum keterampilan.

11. Maluyu S.P. Hasibuan (2001:34)

Prestasi kerja atau kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang berdasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan, serta waktu.

12. Hersey dan Blanchard (1993)

Pengertian kinerja menurut para ahli disini mengemukakan bahwa kinerja adalah suatu fungsi dari motivasi dan kemampuan. Kalimat tersebut apabila dijabarkan memiliki makna dalam melaksanakan sebuah pekerjaan seseorang harus mempunyai tingkat kesediaan dan kemampuan tertentu, tidak bisa hanya mengandalkan keterampilan sebab hal itu belum cukup efektif untuk melakukan pekerjaan tanpa memahami dengan jelas apa yang harus dikerjakannya juga bagaimana cara mengerjakannya.

13. Hubeis dan Mangkuprawira (117:153)

Kinerja merupakan hasil dari pekerjaan tertentu secara berencana pada waktu dan tempat dari karyawan serta organisasi bersangkutan.

Dari pendapat mengenai pengertian kinerja menurut para ahli diatas bisa Anda simpulkan bahwa makna kata kinerja adalah suatu proses dari seseorang atau organisasi yang mengedepankan ketepatan, kecepatan, serta kesungguhan untuk mendapatkan hasil kerja maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan.

Faktor yang Berpengaruh Pada Kinerja

faktor Pada Kinerja
lynda.com

Setelah Anda pahami pengertian kinerja menurut para ahli, kemudian Anda bisa memperhitungkan sendiri bagaimana agar memiliki kinerja yang baik. Baik atau buruknya kinerja umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya efektifitas dan efisiensi, otoritas, inisiatif, serta disiplin.

Namun ada pula yang beranggapan lain selain dari faktor tersebut seperti yang dikemukakan oleh para ahli ini.

1. Menurut Mc. Clelland

Faktor yang paling mempengaruhi kinerja seseorang adalah memiliki rasa tanggung jawab tinggi, berfikir untuk tujuan yang realistis, mampu merencanakan kerja secara menyeluruh kemudian berjuang untuk mewujudkannya, tidak takut akan risiko, saat kegiatan kerja mampu memanfaatkan umpan balik, dan juga mampu melihat celah kesempatan agar program rencana bisa terealisasi.

2. Dalam bukunya Gibson

Beliau juga mengatakan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kinerja seperti:

  • Faktor psikologis: sikap, peran, kepribadian, persepsi, kepuasan kerja, dan motivasi.
  • Faktor individu: latar belakang keluarga, pengalaman kerja, tingkat demografi dan sosial seseorang, keterampilan, serta kemampuan.
  • Faktor organisasi: adanya sistem penghargaan atau reward, kepemimpinan, struktur organisasi, dan juga desain pekerjaan.

3. Menurut Anwar Prabu Mangkunegara

Beliau memiliki anggapan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja, dari pengertian kinerja menurut para ahli yang telah disampaikannya, Mangkunegara juga menyatakan bahwa kinerja dipengaruhi oleh beberapa hal berikut.

  • MotivasiMotivasi muncul dari perilaku atau attitude seseorang saat berhadapan dengan situasi kerja, motivasi yang kuat akan menumbuhkan sikap mental dan tekad untuk melakukan pekerjaan sampai pada hasil yang memuaskan.
  • KemampuanSeseorang pada umumnya memiliki potensi kemampuan dan potensi dari latar belakang pendidikan sehingga untuk menempatkan seseorang agar memiliki kinerja yang baik harus memperhatikan aspek kemampuan tersebut.

Penilaian Terhadap Kinerja

pengertian kinerja menurut ahli
dconsulting.id

Selain pengertian kinerja menurut para ahli, faktor yang mempengaruhi kinerja, artikel ini juga akan menyampaikan penilaian kinerja yang sebaiknya dilakukan secara berkala.

Penilaian kinerja dilakukan dengan maksud untuk mencari karakter karyawan yang bisa diandalkan dalam melakukan sebuah tugas perusahaan, penilaian kinerja seseorang dapat dilakukan dengan indikator berikut ini.

1. Kuantitas

Yaitu jumlah hasil kerja yang dilakukan oleh seseorang.

2. Kualitas

Merupakan pengukuran baik dan tidaknya hasil kerja karyawan.

3. Ketepatan

Kinerja yang baik adalah yang bisa melihat celah waktu dan memanfaatkannya untuk tugas lain.

4. Komitmen pada Pekerjaan

Komitmen kerja bisa memberi nilai akan tanggung jawab seseorang terhadap pekerjaan yang dilakukan.

5. Efektivitas

Nilai lebih seseorang yang mampu memanfaatkan dengan maksimal sumber daya yang tersedia baik bahan baku, materi, tenaga, maupun alat yang ada di tempat kerjanya.

6. Sikap Kemandirian

Kinerja karyawan bisa dinilai dari sikapnya yang bisa bekerja mandiri tanpa tergantung pada orang lain.

Tujuan dari penilaian kinerja dimaksudkan agar nantinya perusahaan mampu memberikan kebijakan tanpa merugikan personal. Selain itu, manfaat adanya penilaian kinerja juga bisa untuk pengambilan keputusan oleh perusahaan dalam memfasilitasi karyawannya.

Contohnya saja seperti penyesuaian kompensasi terhadap karyawan yang memiliki kinerja bagus, kebutuhan latihan dan pengembangan terhadap karyawan yang kinerjanya dirasa kurang, bisa meningkatkan kinerja pegawai dengan sistem yang hampir mirip kompetisi.

Dan juga bisa untuk pemilihan karyawan dalam promosi, pemecatan, mutasi, serta pemberhentian kerja.

Keuntungan dari penilaian kinerja masih banyak lagi, dan tentunya merujuk pada pengertian kinerja menurut para ahli yang telah Anda simak tadi. Dan baca juga artikel penjelasan mengenai pengertian iklan baris dan contohnya. Semoga bermanfaat

Leave a Comment