Pengertian Microsoft Power Point Dan Keistimewaannya

Pengertian Microsoft Power Point – Pernahkah Anda melihat presentasi menggunakan layar komputer dengan data yang dibuat menarik dan tidak membosankan? Itu merupakan hasil dari penggunaan aplikasi Microsoft Power Point. Aplikasi yang satu ini memang sangat dirasakan manfaatnya bagi banyak orang.

Berikut ini sekelumit informasi mulai dari pengertian Microsoft Power Point sampai fitur menarik yang rugi kalau tidak Anda coba sendiri.

Apa Itu Microsoft Power point?

Salah satu software milik Microsoft ini memang dinilai sangat mumpuni membantu berbagai tugas dari kalangan mana saja. Karena bisa memadukan beberapa dokumen berbeda dalam satu slide atau halaman.

Tampilannyapun bisa dibuat menarik dengan berbagai fitur yang mendukung penggunaannya, di tambah pula efek-efek istimewa yang menjadikannya tetap bertengger sebagai software favorit.

Arti dari Microsoft Power Point adalah sebuah aplikasi atau perangkat lukan yang digunakan untuk membuat bahan presentasi. Bisa untuk pelajar hingga kalangan bisnis, karena sangat mudah untuk dimanfaatkan.

Aplikasi yang pertama kali dipakai tahun 1980an oleh Dennis Austin dan Bob Gaskins saat presentasi di perusahaan Forethought ini dikembangkan pada tahun 1987.

Dalam perkembangannya aplikasi ini mengalami beberapa perubahan sejak awal diluncurkan, versi terbarunya adalah pada tahun 2016 yang sudah banyak mengalami pembaharuan sehingga makin memudahkan pengguna dalam memanfaatkan semua fitur yang terdapat di dalamnya untuk menghasilkan sebuah dokumen presentasi yang diinginkan.

Fungsi Microsoft Power Point

pengertian microsoft power point
fileinfo.com

1. Mengatur Dokumen

Untuk membuat bahan presentasi, Microsoft Power Point berfungsi mengatur dokumen yang akan dipresentasikan sehingga tertata dengan rapi sesuai dengan keinginan. Baik itu data yang diambil dari Microsoft word, Microsoft excel atau gambar pendukung dengan ukuran tertentu.

2. Memudahkan Pemahaman

Dengan merancang bahan presentasi menggunakan aplikasi ini, Anda bisa memberikan data yang mudah dipahami oleh audience. Bik dari segi tulisan, grafik, gambar hingga tampilannya. Karena aplikasi ini memiliki fitur pendukung yang memungkinkan Anda melakukan hal tersebut.

3. Menarik Perhatian

Dengan memanfaatkan fitur tampilan presentasi yang ada pada Microsoft Power Point Anda bisa menciptakan bahan yang menarik untuk dilihat. Karena menunjang penggunaan efek audio, video, dan perpindahan slide menggunakan berbagai jenis tampilan.

4. Mencetak Bahan Presentasi

Selain membuat bahan presentasi, Anda juga bisa mencetak bahan tersebut dengan mudah sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Karena aplikasi ini bisa dihubungkan langsung dengan printer yang Anda miliki.

Fitur-Fitur Menarik Microsoft Power Point

fitur powerpoint
gstatic.com

1. Slide Master

Fitur ini memudahkan Anda yang ingin menggunakan aturan dan tema serta background yang sama untuk setiap slide presentasi. Caranya sangat mudah yaitu blok halaman pertama kemudian pilih menu view dan klik slide master, maka otomatis slide  selanjutnya memiliki tampilan yang sama.

2. SmartArt

Ketika Anda membutuhkan grafik untuk menjabarkan dokumen dalam presentasi, tak perlu membuatnya secara terpisah pada aplikasi lain. Cukup memilih menu ini dan buatlah grafik yang Anda inginkan. Tampilan grafiknya juga sangat bervariasi.

3. Morph

Fitur ini ada pada versi terbaru Microsoft Power Point 2016. Memudahkan Anda untuk membuat animasi dari dokumen presentasi agar menjadi lebih menarik. Fitur ini memungkinkan adanya evek audio maupun video yang mendukung animasi Anda.

4. Periksa Kesalahan

Daripada susah melakukan pengecekan dokumen presentasi dengan membuka satu persatu slide yang sudah di buat, Anda bisa menggunakan fitur ini.

Caranya dengan memilih fitur pada menu insert, lalu pilih periksa kesalahan, dan aplikasi akan langsung memandi Anda ke halaman tersebut. kesalahan yang terbaca biasanya tulisa tidak rapi, hingga tabel yang belum sempurna.

5. Broadcast Slide Show

Kalau biasanya Anda harus membagikan bahan presentasi untuk dicek oleh bos menggunakan email, atau mencetaknya. Sekarang tak perlu susah dan buang-buang waktu.

Anda tinggal pilih menu ini dan pilih alamat email atau komputer siapa yang akan dikirimi bahan tersebut, maka detik itu juga semua yang Anda libatkan bisa mengoreksi presentasi bersama.

 6. Slide Sorter

Selain periksa kesalahan, Anda juga bisa melakukan pengecekan tulisan dengan fitur ini. Dimana semua slide akan ditampilkan dalam satu halaman dengan ukuran lebih kecil. Ini sangat membantu Anda menghemat waktu untuk melihat apakah ada kesalahan pada dokumen tersebut dan bisa segera memperbaikinya.

7. Distribute Rows

Daripada harus mengganti ukuran tabel secara manual agar tepat pada posisi sempurna dalam slide presentasi, Anda bisa menggunakan fitur ini dengan melakukan blok pada tabel dan klik distribute rows. Maka otomatis tampilan tabel akan menyesuaika dengan ukuran slide Anda.

8. Hyperlink

Memudahkan Anda untuk menghubungkan bahan presentasi dengan dokumen pada program lain. Caranya dengan blok tulisan, gambar atau objek yang ingin dihubungkan, kemudian pilih menu insert dan klik hyperlink. Kemudian Anda tinggal pilih dokumen apa yang akan dihubungkan dengan materi presentasi tersebut.

Hal Penting Dalam Microsoft Power Point

Selain informasi di atas, ada beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui saat menggunakan aplikasi ini. Pertama yaitu ketika Anda harus melakukan presentasi seorang diri, pastinya akan susah jika harus tiap sebentar menekan tombol next untuk beralih ke slide  berikutnya, triknya adalah dengan menggunakan menu slide show  otomatis.

Kedua, untuk menyimpan dokumen yang sudah Anda buat pada halaman Microsoft Power Point bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu memilih opsi powerpoint show dimana Anda hanya bisa menggunakannya saja namun tidak bisa dilakukan perubahan atau editing. Atau pilih powerpoint presentation kalau ingin menyimpan untuk waktu lama dengan format .PPTX.

Cara menyimpan lainnya adalah dengan memilih other format jika Anda ingin menjadikan dokumen tersebut menjadi bentuk file lain seperti image.

Ketiga, jika Anda ingin mencetak dokumen presentasi cukup memilih menu print dan tentukan berapa slide  yang ingin dicetak dalam satu halaman kertas, atau pilih slide mana saja yang ingin dicetak, maka aplikasi akan terhubung ke mesin cetak.

Apakah Microsoft Power Point Memiliki Kelemahan?

Microsoft Power Point
upload.wikimedia.org

Dibalik semua kelebihan dan fungsi hebat dari Microsoft Power Point ternyata ada beberapa kelemahan dari aplikasi ini yang terkadang dikeluhkan pengguna.

Diantaranya adalah ukuran aplikasi yang tergolong berat, sehingga tak semua media bisa menjalankannya dengan maksimal. Kemudian kelemahan dari segi platform yang hanya mengakomodir sistem windows saja.

Kelemahan berikutnya adalah setiap versi dari aplikasi ini tidak otomatis bisa digunakan pada versi sebelumnya atau sesudahnya. Alhasil ketika seseorang membuat presentasi pada aplikasi versi 2007 ternyata tidak bisa dibuka pada komputer yang memiliki aplikasi versi 2013. Dan yang terakhir adalah harga aplikasi yang tergolong mahal.

Meskipun demikian tetap banyak yang menjadikannya aplikasi favorit untuk membuat bahan presentasi. Karena jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis, produk ini terbilang jauh lebih lengkap, sesuai dengan  pengertian Microsoft Power Point yang dapat membuat bahan presentasi lengkap, setidaknya hal itu bisa terealisasi bagi banyak kalangan.

Leave a Comment