Pengertian Tujuan Penelitian dan Contohnya

Penelitian merupakan sebuah proses penyelidikan yang umumnya dikerjakan secara sistematis, aktif, serta tekun yang mana umumnya untuk dapat menginterpretasikan, menemukan, serta merevisi fakta-fakta. Selain pengertian dari penelitian, pengertian tujuan penelitian juga penting untuk Anda ketahui.

Pengertian Tujuan Penelitian secara Umum

Pada umumnya, penelitian memiliki tujuan supaya dapat menemukan pengetahuan baru yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh manusia ataupun lingkungannya.

Dapat diartikan pula bahwa tujuan dari dilakukannya sebuah penelitian yaitu sebagai suatu bentuk indikasi ke arah mana penelitian tersebut akan dilakukan, atau informasi maupun data apa yang ingin didapatkan dari penelitian yang dilaksanakan.

Biasanya dalam tujuan penelitian akan dirumuskan pada bentuk pernyataan konkret yang dapat diamati serta bisa di ukur, dengan kata lain bukan seperti kalimat tanya.

Tujuan penelitian secara umum dibagi menjadi tiga macam, meskipun pada umumnya memiliki tujuan untuk menemukan sebuah ilmu baru, mengembangkan ilmu yang telah ada, serta untuk dapat menguji suatu pengetahuan yang telah ada. Berikut penjelasannya.

1. Tujuan eksploratif

Dalam suatu penelitian terdapat sebuah tujuan eksploratif yaitu suatu bentuk penelitian yang memiliki arah untuk dapat menemukan pengetahuan atau ilmu baru yang sebelumnya belum pernah ada. Seperti, penelitian terkait manfaat dari ekstrak kayu manis untuk mengatasi masalah diabetes dalam tubuh manusia.

2. Tujuan verifikatif

Dalam sebuah penelitian, tujuan verifikatif ini yaitu untuk dapat membuktikan maupun untuk menguji kembali suatu kebenaran dari ilmu pengetahuan yang sebelumnya sudah ada. Contohnya seperti pembuktian penelitian manfaat dari ekstrak belimbing wuluh yang digunakan sebagai anti bakteri.

3. Tujuan pengembangan

Dalam sebuah penelitian pasti  terdapat tujuan pengembangan sebab untuk dapat menggali lagi lebih dalam penelitian yang dilakukan maupun pengetahuan yang telah ada. Misalnya seperti penelitian terkait manfaat dari ekstrak manggis untuk mengatasi masalah diabetes.

Selain dibedakan menjadi tiga seperti apa yang sudah disebutkan. Umumnya tujuan dari suatu penelitian juga dapat dibedakan menjadi dua yaitu tujuan secara umum dan tujuan secara khusus.

  • Tujuan secara umum dalam suatu penelitian yaitu tujuan secara keseluruhan, mulai dari apa yang akan dicapai dalam penelitian tersebut. Sedangkan untuk tujuan secara khusus yaitu penelitian yang memiliki tujuan lebih spesifik.
  • Secara umum tujuan penelitian secara khusus seperti menggunakan kata kerja operasional sehingga akan lebih jelas sesuatu yang hendak dicapai. Dalam hal ini tujuan khusus sebenarnya merupakan suatu penjabaran dari tujuan umum.

Dalam suatu penelitian, apabila tujuan umum tidak dapat atau tidak perlu untuk dispesifikan lagi, maka tidak memerlukan adanya tujuan umum maupun khusus, namun sudah cukup untuk dibuatkan tujuan penelitiannya saja.

Dalam membuat rumusan dari suatu tujuan penelitian, Anda juga harus berpedoman pada rumusan masalah yang ada. Tujuan yang didapatkan dari rumusan masalah tentu dapat menyesatkan Anda dalam melakukan suatu penelitian.

Rumusan masalah tersebut dapat berupa komparatif, deskriptif, maupun asosiatif, untuk itu tujuan penelitian harus sesuai dengan rumusan masalah yang ada.

Pengertian Tujuan Penelitian menurut Para Ahli

pengertian tujuan penelitian
kinibisa.com

1. Menurut Satjipoto Raharjo

  1. Mendapatkan suatu pengetahuan terkait suatu gejala, sehingga bisa merumuskan masalah dengan cepat dan tepat.
  2. Untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam terkait suatu gejala, sehingga bisa merumuskan hipotesanya.
  3. Untuk dapat menggambarkan dengan lengkap karakteristik maupun ciri-ciri dari sebuah keadaan, perilaku kelompok maupun perilaku individu.
  4. Bisa mendapatkan keterangan terkait peristiwa maupun frekuensi.
  5. Untuk mendapatkan data dari suatu hubungan antar suatu gejala dengan gejala lain.
  6. Untuk dapat menguji suatu hipotesa yang memiliki hubungan sebab akibat, dalam hal ini pada sebuah penelitian yang didasarkan pada suatu hipotesa.

2. Menurut Sunaryati Hartono

  1. Untuk dapat menggambarkan dengan jelas serta cermat hal-hal yang dipermasalahkan.
  2. Untuk dapat menerangkan suatu kondisi yang mendasari terjadinya peristiwa.
  3. Untuk dapat menyusun teori, hal ini berarti bahwa suatu tujuan penelitian untuk mencari serta merumuskan dalil-dalil hukum mengenai hubungan suatu keadaan yang satu dengan keadaan yang lain, atau untuk menghubungkan suatu peristiwa dengan peristiwa lain.
  4. Untuk dapat membuat ramalan atau prediksi, proyeksi, serta estimasi peristiwa yang dapat terjadi maupun gejala yang dapat muncul. Dan
  5. Untuk dapat melakukan suatu pengarahan atau pengendalian, yaitu sebuah tindakan untuk dapat mengendalikan maupun mengarahkan peristiwa maupun gejala tertentu ke arah yang telah dikehendaki.

Contoh Tujuan Penelitian

  1. Apabila terdapat rumusan masalah: apakah terdapat hubungan antara keterampilan siswa dalam membaca dengan menggunakan hijab. Maka tujuan penelitiannya yaitu: dapat mengidentifikasi hubungan antara keterampilan membaca siswa dengan menggunakan hijab.
  2. Apabila terdapat rumusan masalah: seberapa besarkan pengaruh dari ruangan kelas terhadap motivasi belajar peserta didik? Maka tujuan penelitiannya yaitu: untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ruang kelas terhadap motivasi belajar peserta didik.

Manfaat Penelitian

manfaat penelitian
quipperhome.wpcomstaging.com

1. Manfaat Teoritis

Manfaat dari penelitian secara teoritis yaitu sebuah penelitian memiliki tujuan untuk verifikasi ataupun untuk mengecek teori yang telah ada.

Manfaat secara teoritis ini muncul karena latar belakang ketidakpuasan atau karena adanya keraguan pada suatu teori yang telah ada, sehingga dilakukan penelitian kembali secara empiris.

2. Manfaat Praktis

Manfaat dari dilakukannya penelitian yaitu untuk dapat memecahkan masalah secara praktis. Jadi jika terdapat masalah pada nilai peserta didik yang rendah, maka manfaat penelitian secara praktisnya yaitu meningkatkan nilai peserta didik.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa secara umum, manfaat praktis dari suatu penelitian tidak hanya berlaku untuk subjek, namun dapat pula berguna bagi lebih dari satu subjek.

Contohnya seperti manfaat bagi siswa, manfaat bagi guru, manfaat bagi peneliti, manfaat bagi masyarakat, manfaat bagi sekolah, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi apabila Anda merasa bahwa penelitian yang Anda lakukan bermanfaat bagi banyak subjek, maka anda dapat menuliskan semuanya.

Contoh Manfaat Penelitian

contoh dan manfaat penelitian
uprint.id

1. Manfaat Teoritis

Contoh manfaat penelitian secara teoritis adalah adanya penelitian yang dilakukan, maka diaharapkan dapat dijadikan sebagai dasar atau acuan dalam penerapan media pembelajaran atau digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran secara lebih lanjut.

Selain itu dapat pula menjadi sebuah nilai tambah dalam pengetahuan ilmiah dalam pendidikan di Indonesia.

2. Manfaat Praktis

  1. Bagi peserta didik, hasil dari penelitian diharapkan bisa meningkatkan hasil belajar Bahasa inggris peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sidareja tahun ajaran 2019/2020 dengan diterapkannya media pembelajaran.
  2. Bagi guru, diharapkan dengan penerapan media papan lembar pada sebuah pembelajaran bisa menyediakan fasilitas bagi siswa dalam belajar serta dapat membantu siswa untuk dapat mempelajari materi dengan mudah serta dapat mengetahui maknanya.
  3. Bagi sekolah, dengan adanya hasil penelitian dari penerapan media papan lebar tersebut, diharapkan dapat memberikan referensi untuk dapat meningkatkan kualitas sistem Pendidikan serta proses belajar mengajar yang dilakukan oleh para guru. Dan sekolah diharapkan bisa mendukung guru supaya dapat menciptakan media
  4. Bagi peneliti, dengan penelitian yang dilaksanakan, maka diharapkan seorang peneliti bisa menerapkan media yang sesuai dengan materi pembelajaran. Dan penelitian memiliki pengetahuan serta wawasan terkait materi maupun media pembelajaran yang tepat.

Setelah memahami apa itu penelitian pendidikan dan mengetahui tujuan penelitian pendidikan. Di harapakan seorang peneliti dapat mengkomunikasikan hasil penelitiannya supaya dapat lebih bermanfaat untuk banyak orang. Dab baca juga artikel terkait mengenai pengertian kinerja menurut para ahli. Semoga bermanfaat

Leave a Comment