Pengertian Web Browser dan Contohnya

Anda yang suka berselancar di dunia maya pasti sudah tidak asing dengan yang namanya web browser. Karena segala kegiatan mencari konten apapun pasti memanfaatkan keahlian aplikasi yang satu ini. Tapi apakah Anda sudah tahu apa sebenarnya pengertian web browser, bagaimana cara kerjanya dan apa saja contohnya yang mungkin jadi tambahan referensi Anda?

Apa Itu Web Browser?

Banyak arti dari web browser namun intinya adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang dipakai sebagai media untuk mencari informasi atau konten apapun pada dunia maya menggunakan jaringan internet.

Konten yang dicari sangat luas, bisa berupa website, tulisan, gambar hingga video. Bisa juga disebut sebagai penelusur situs yang ada di internet.

Selain mencari konten, aplikasi ini juga menjadi media untuk menyimpan konten yang dibutuhkan ke dalam perangkat komputer atau gadget Anda, sehingga bisa dibuka kembali walaupun sudah tak menggunakan web browser lagi.

Aplikasi diluncurkan pertama kali pada tahun 1980an oleh Tim ilmuwan bernama Berners Lee yang kemudian diluncurkan tahun 1991.

Alan Emte merupakan penemu alat yang pertama kali digunakan sebagai mesin pencari tahun 1990 yang dinamakan Archie. Kemudian lahir Veronica serta Jughead yang juga menjadi mesin pencari namun dengan jangkauan yang masih terbatas.

Setelah itu berbagai perusahaan di bidang komunikasi mulai bersaing menciptakan berbagai mesin pencari dan terus dikembangkan sampai saat ini.

Contoh-Contoh Web Browser

pengertian web browser
crossbrowsertesting.com

Dari sekian banyak web browser yang ada, sepuluh diantaranya paling banyak digunakan karena dinilai memiliki daya jelajah paling bagus. Anda penasaran apa saja web browser terbaik itu? Simak informasinya berikut ini.

  1. Google Chrome

Dari penelitian dan survei yang dilakukan berbagai lembaga didapatkan data bahwa sekarang sekitar 60 persen pengguna internet mengandalkan aplikasi pencari milik Google ini.

Alasannya cukup masuk akal yaitu karena sangat mudah digunakan bahkan oleh orang yang tak mengerti dunia internet sekalipun.

Ditambah pula berbagai fitur menariknya yang tak dimiliki oleh web browser lainnya seperti multi tab yang memungkinkan Anda membuka banyak halaman sekaligus, kemudian ada fitur private mode untuk yang ingin menjelajahi dan menjadikannya rahasia, apalagi jika menggunakan komputer yang bisa di akses banyak orang.

  1. Opera

Saingan terberat dari chrome milik Google adalah Opera yang memiliki kecepatan akses lebih tinggi 72 persen ketimbang chrome. Hal ini tentu membuat puas para peselancar dunia maya sebab data internet bisa dihemat hingga 90 persen dan waktu yang digunakan untuk mencari informasi bisa lebih cepat.

Salah satu fitur unggulan dari web browser Opera ini adalah menghilangkan banyaknya iklan dalam halaman yang Anda buka dengan nama fitur ad blocker, sehingga semakin menghemat data dan daya listrik.

Aplikasi ini juga memiliki versi mini atau yang bisa diakses pada ponsel pintar atau gadget, dengan kemampuan yang sama dengan aplikasi pada komputer atau laptop.

  1. Mozilla Firefox

Indonesia menjadi salah satu yang paling banyak menggunakan web browser yang satu ini. Alasannya karena ukuran aplikasinya yang tidak terlalu berat yaitu hanya 4,7 MB. Alhasil saat menggunakannya Anda akan lebih aman, cepat dan mudah selama jaringan internet yang digunakan lancar.

  1. Microsoft Edge

Aplikasi yang satu ini merupakan besutan raksasa software dunia Microsoft, jika aplikasi lain mengedepankan kecepatan namun masih kurang cantik dalam penampilan, namun edge sudah terbilang sempurna karena dari sisi tampilan terlihat sangat mewah dan berkelas. Pantas saja kalangan bisnis banyak menggunakannya.

  1. Internet Explorer

Peramban ini pernah mengalami masa kejayaan di awal tahun 2000an, ketika hampir 95 persen pengguna internet memanfaatkannya.

Alasannya adalah pada saat itu aplikasi inilah yang dinilai paling lengkap dari segi performa dan fitur. Namun sekarang keberadaannya sudah digusur oleh berbagai aplikasi sejenis yang lebih mutakhir.

Tahun 2015 aplikasi ini dinyatakan tak dikembangkan lagi, namun kenyataannya masih banyak yang memakai bahkan dengan tampilan old modelnya. Alasannya karena dinilai mudah digunakan karena otomatis terunduh saat menggunakan produk Microsoft.

  1. Safari

Apple Inc tak ketinggalan meramaikan persaingan web browser dengan meluncurkan aplikasi yang satu ini. Pada tahun 2003 pertama kali diperkenalkan hanya untuk komputer dan laptop, namun seiring perkembangan teknologi, di tahun 2007 Apple meluncuran versi mobile yang bisa diakses menggunakan ponsel pintar dan berbagai jenis gadget besutan Apple.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kecepatannya dalam pengolahan data yang akan digunakan pengguna, bahkan pihak Apple mengklaim bahwa aplikasi ini bisa lebih cepat delapan kali lipat dari aplikasi sejenis dalam masalah pengolahan data.

  1. Yandex

Web browser yang diciptakan ilmuwan Rusia ini memiliki perbedaan signifikan dari aplikasi seperti Chrome dan Opera.

Karena tidak memprioritaskan website berdasarkan halaman pencarian, namun berdasarkan jarak yang ada antar kata serta hubungannya dengan dokumen tertentu. Di Rusia tempatnya berasal aplikasi ini menjadi yang paling banyak digunakan.

  1. Torch

Soal ketenaran, aplikasi milik Torch Media Inc ini memang masih kalah dari yang lain seperti Chrome,Opera, atau Safari.

Tapi bagi para pencinta situs seperti Youtube dan sejenisnya aplikasi ini menjadi surge karena kecepatannya dalam masalah pengunduhan file dari situs tersebut. fitur pentingnya adalah media grabber Anda tak perlu aplikasi lain untuk mengunduh file apapun.

Selain itu, aplikasi dengan logo didominasi warna merah ini juga terus mencoba mengembangkan diri agar bisa disetarakan dengan competitor lainnya, baik dari segi performa maupun fitur-fitur pelengkapnya.

  1. UC Browser

Banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan web browser yang satu ini. Diantaranya adalah kualitas unduhan video yang sangat bagus sebab aplikasi milik Alibaba Group tersebut memakai VP9 Codec sebagai teknologi pengunduhan.

Pantas saja walaupun kalah pamor, namun eksistensinya masih maksimal di kalangan pengguna internet.

  1. Maxthon

Mengedepankan kepuasan pengguna dengan jargon user friendly, aplikasi ini berhasil mengambil hati penjelajah dunia maya. Pertama karena memiliki fitur yang bisa menerjemahkan bahasa dalam sebuah konten ke bahasa lain secara otomatis sesuai kebutuhan pengguna.

Kedua adalah kecepatan akses yang terbilang bagus dan tak kalah dengan aplikasi lain.

Ketiga adalah akses penutup iklan yang sangat bagus yaitu built-in ad hunter sehingga halaman situs yang Anda buka bersih dari iklan apapun dan pastinya aman dari virus yang berbahaya.

Walau masih kalah pamor juga dari peramban lain, namun Maxthon terus mengembangkan diri terutama dalam hal keamanan dan kenyamanan berinternet.

Selain 10 aplikasi web browser favorit di atas, masih banyak aplikasi serupa yang mencoba mengaplikasikan pengertian web browser secara maksimal seperti Comodo Ice Dragon, Lynx, Conqueror,Tor,PhaseOut, Deepner Explorer.

Anda bisa memilih mana yang digunakan sesuai kebutuhan Anda, tapi pastikan yang memiliki kecepatan maksimal agar kegiatan berinternet tak bermasalah saat benar-benar dibutuhkan.

Leave a Comment