Renang Gaya Kupu-kupu

Renang Gaya Kupu-kupu
btrbooks.com/

Teknik renang gaya kupu kupu digunakan untuk renang dengan posisi badan menghadap air. Teknik ini menjadi salah satu teknik renang dengan gerakan yang paling cepat.

Gaya kupu-kupu atau renang gaya lumba-lumba dilakukan dengan gerakan yang menyerupai gerakan ikan.

Mulai dari gerakan tangan, gerakan kaki, hingga teknik pengambilan napasnya. Renang dengan gaya kupu-kupu menuntut kekuatan yang besar, apalagi dengan tangan dan kaki yang digerakkan secara bersamaan.

Koordinasi hidung dan mulut juga dibutuhkan untuk mendapatkan udara yang cukup. Berikut teknik dan gerakan selengkapnya untuk renang gaya kupu-kupu.

Gerakan Renang Gaya Kupu-Kupu

gerakan renang gaya kupu kupu
3.bp.blogspot.com

Gerakan renang dengan gaya kupu-kupu disebut sebagai yang paling baru. Diciptakan pada tahun 1933, gerakan renang gaya kupu-kupu terdiri dari beberapa teknik gerakan berikut.

1. Posisi tubuh

Kesempurnaan gerakan ditentukan oleh posisi tubuh yang benar. Posisi tubuh usahakan untuk sedatar mungkin dengan permukaan air.

Teknik renang gaya kupu kupu sedikit berbeda dengan teknik start dilakukan di atas balok start. Tubuh sedikit bungkuk ke arah air dengan lutut juga sedikit ditekuk.

Pada saat masuk air atau mengambang, posisi tubuh adalah menelungkup. Mulai dari bagian kepala, pundak, sampai pinggang perlu sejajar di bawah permukaan air.

Untuk mengurangi beban saat berenang, usahakan untuk bisa mengatur bagian badan sedekat mungkin dengan permukaan air.

Semakin dekat permukaan, maka hambatan atau bebannya akan semakin kecil. Hal tersebut dapat membantu mengemat tenaga dan mempercepat laju saat berenang.

2. Gerakan tangan

Tangan mulai digerakkan saat tubuh masuk ke air dengan gerakan yang sama seperti sedang menangkap sesuatu.

Teknik gerakan tangan menangkap atau catch tersebut kemudian dilanjutkan dengan gerakan down sweep atau gerakan seperti meraih air.

Pergelangan tangan dan bagian siku sedikit ditekuk ke bawah. Selanjutnya adalah gerakan menarik atau in-sweep dengan tangan di dalam air dan dekat dengan tubuh.

Setelah berada di bawah kepala, gerakan tangan dilanjutkan dengan up-sweep atau mendorong yaitu mengeluarkan lengan keluar permukaan air.

Gerakan tangan terakhir pada teknik renang gaya kupu kupu adalah pemulihan. Dilakukan pada saat setelah gerakan mendorong.

Siku diangkat ke atas permukaan air dan memutar bagian sendi bahu untuk kembali ke gerakan awal dan seterusnya.

3. Gerakan kaki

Bagian pangkal kaki hingga ujung kaki sebaiknya dalam posisi lurus. Pada saat kaki melakukan gerakan, bagian lutut sedikit ditekuk.

Cukup tekuk lutut sedikit agar kaki tidak terlalu masuk ke dalam air. Apabila kaki terlalu dalam, maka akan menambah beban pada bagian depan.

Untuk mendorong, gerakan kaki seperti menendang namun dengan dilakukan secara bersamaan.

Gerakan kaki dengan keras terutama di bagian punggung kaki agar memperoleh dorongan yang lebih besar. Setelah melakukan gerakan menendang, kaki kembali ke posisi lurus.

Lakukan gerakan kaki tersebut dan kembali ke awal. Teknik renang gaya kupu kupu juga mengandalkan kekuatan kaki untuk laju yang lebih cepat.

Pada saat kaki masuk ke air, gerakan kaki mencambuk seperti saat kaki akan bergerak ke atas. Jadi untuk gaya kupu-kupu, ada dua jenis cambukan kaki yakni ke atas dan ke bawah.

4. Pengambilan napas

Posisi kepala harus tepat dengan dikeluarkan dari air hingga bagian mulut di atas permukaan air. Gerakan tersebut dilakukan untuk dapat mengambil napas dengan lebih mudah.

Kepala keluar permukaan air untuk mengambil napas pada teknik renang gaya kupu kupu dengan koordinasi antara hidung dan mulut.

Pengambilan napas dengan mulut dilakukan setelah kepala keluar air atau setiap tangan melakukan gerakan tarikan atau in sweep. Setelah mengambil napas dari mulut, kepala harus ditundukkan untuk kembali masuk ke dalam air.

Lakukan gerakan kepala seperti itu dengan tetap menjaga keseimbangan posisi tubuh agar sedatar mungkin dengan permukaan air.

Perhatikan juga untuk tidak mengangkat kepala terlalu atas sehingga akan lebih cepat untuk kembali ke dalam air. Gunakan hidung pada saat masuk ke air untuk mengeluarkan napas.

Itulah beberapa gerakan yang termasuk dalam teknik renang gaya kupu kupu. Melakukan latihan teknik gerakan koordinasi dapat dilakukan agar bisa menguasai renang gaya kupu-kupu.

Dan jangan lupa untuk belajar teknik renang gaya bebas dan renang gaya dada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Teknik Dasar Lempar Lembing

5+ Teknik Lempar Lembing Yang Fenomenal

TEKNIK DASAR – Lempar lembing merupakan salah satu cabang olahraga jenis atlentik. Mungkin anda sudah mengetahu atau tidak asing dengan olahraga yang satu ini. Olahraga lempar lembing ini memang merupakan olahraga yang sudah kita kenal dan juga sudah sangat populer di semua kalangan masyarakat, baik dalam tingkat nasional sampai dalam tingkat internasional. Untuk semua cabang … SELENGKAPNYA5+ Teknik Lempar Lembing Yang Fenomenal
View Post
minuman sebelum berolahraga

3 Minuman Yang Sering Dianjurkan Sebelum Berolahraga

MINUMAN SEBELUM OLAHRAGA – Kamu suka berolahraga? Tapi bingung memilih asupan yang baik sebelum olahraga? Sebelum berolahraga kita butuh asupan yang bergizi untuk mengisi energi dan membangkitkan semangat dalam melakukan kegiatan tersebut. Akan tetapi ada beberapa orang yang tidak mengeahui asupan yang pas sebelum berolahraga. Yang tidak terlalu mengenyangkan, akan tetapi bisa menghasilkan energi yang banyak. … SELENGKAPNYA3 Minuman Yang Sering Dianjurkan Sebelum Berolahraga
View Post
macam macam cabang olahraga

Macam-Macam Cabang Olahraga Beserta Penjelasannya – Lengkap!

MACAM-MACAM CABANG OLAHRAGA – Siapa yang tidak mengenal atau tidak mengetahui cabang-cabang olahraga, khususnya di Indonesia sendiri. Pastinya kalian semua sudah pada mengetahui jenis-jenis cabang olahraga yang ada di Indonesia sendiri. Karena pada dasarnya di Indonesia ini mempunyai banyak cabang olahraga yang juga sudah sering diperlombakan di tingkat nasional maupun internasional yang mengirimkan anak-anak mudanya atau … SELENGKAPNYAMacam-Macam Cabang Olahraga Beserta Penjelasannya – Lengkap!
View Post
sejarah organisasi sepak bola

Sejarah Organisasi Sepak Bola Dunia FIFA

Organisasi Sepak Bola – Sepak bola menjadi olahraga paling terkenal tidak hanya di Indonesia namun juga terkenal di dunia. Sepak artinya menendang dengan menggunakan kaki sedangkan bola adalah alat permainan yang bentuknya bulat dan terbuat dari bahan karet, kulit, dan lain sebagainya. Hakikatnya sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan dengan cara menendang dengan kaki, digiring … SELENGKAPNYASejarah Organisasi Sepak Bola Dunia FIFA
View Post
Sejarah Olahraga Renang

Sejarah Olahraga Renang di Dunia

Sejarah Olahraga Renang – Berenang merupakan olahraga air favorit dan banyak dilakukan oleh orang. Berenang ini bisa menyegarkan pikiran, tubuh, dan juga menghilangkan penat. Selain itu berenang ini juga terbukti mampu membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar kembali. Selain dijadikan sebagai hobi, berenang ini juga menjadi ajang perlombaan olahraga dunia. Ada berbagai macam gaya … SELENGKAPNYASejarah Olahraga Renang di Dunia
View Post
Sejarah Taekwondo di dunia

Sejarah Taekwondo di Dunia dan di Indonesia

Sejarah Taekwondo di Dunia – Di dalam bahasa Korea Tae ini memiliki arti menendang dan menghancurkan dengan kaki, sedangkan Kwon berarti tinju dan Do berarti jalan atau seni. Jadi taekwondo ini jika diartikan bebas akan menjadi seni bela diri yang mana akan memanfaatkan tangan dan kaki sebagai senjata untuk bisa menaklukan lawan. Sekarang ini karena … SELENGKAPNYASejarah Taekwondo di Dunia dan di Indonesia
View Post